Monday 23 April 2018

Pemilihan Media Pembelajaran, Kriteria-kriteria Pemilihan Media yang Baik, dan Syarat-syarat Agar Guru Mengetahui dan Terampil Menggunakan Media Pembelajaran


Proses Pemilihan Media Pembelajaran, Kriteria-kriteria Pemilihan Media yang Baik, dan Syarat-syarat Agar Guru Mengetahui dan Terampil Menggunakan Media Pembelajaran.
   A.    Proses Pemilihan Media Pembelajaran
Dalam memilih media dan menggunakan media pembelajaran, hendaknya guru memperhatikan prinsip-prinsip dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan media pembelajaran.
1.      Prinsip-prinsip dalam pemilihan media pembelajaran.
Dalam memilih media dan menggunakan media pembelajaran, hendaknya guru memperhatikan sejumlah prinsip-prinsip tertentu agar penggunaan media dapat mencapai hasil yang baik. Prinsip-prinsip yang dimaksud sebagaimana yang dikemukakan oleh Nana Sudjana (1991), antara lain :
a.       Menentukan jenis media dengan tepat. Maksudnya, sebaiknya guru memilih terlebih dahulu media yang sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran.
b.      Menetapkan dan mempertimbangkan subyek dengan tepat. Maksudnya, perlu diperhatikan apakah penggunaan media itu sesuai dengan tingkat kematangan maupun kemampuan siswa.
c.        Menyajikan media dengan tepat. Artinya teknik atau strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan, bahan atau materi, metode, waktu dan sarana.
d.      Menempatkan atau memperlihatkan media pada waktu, tempat dan situasi yang tepat. Maksudnya disini adalah kapan dan dalam keadaan mana media digunakan.
2.      Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan media pembelajaran.
Pekerjaan guru adalah pekerjaan profesional. Oleh karena itu diperlukan kemmpuan. Kemampuan itu dapat dilihat dari kesanggupan dan kemampuannya dalam menjalankan perannya sebagai guru. Salah satu contoh kemampuannya itu adalah penguasaan materi pembelajaran dan ilmu mendidik. Penguasaan ilmu mendidik, diantaranya adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran, dengan tujuan agar media yang dipilihnya itu sesuai dengan prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran.
Untuk itu perlu juga memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan media pembelajaran, antara lain:
a.       Obyektivitas, maksudnya di sini adalah metode yang dipilih bukan atas kesenangan atau kebutuhan guru, melainkan keperluan sistem pembelajaran.
b.      Program pembelajaran. Artinya program yang disampaikan kepada siswa harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku, baik menyangkut isi, struktur maupun kedalamannya.
c.       Sasaran program. Media yang akan digunakan harus dilihat kesesuaiannya dengan tingkat perkembangan siswa, baik dari segi bahasa, simbol-simbol yang digunakan, cara dan kecepatan penyajian maupun waktu penggunaannya.
d.      Situasi dan kondisi. Yakni situasi dan kondisi sekolah atau tempat dan ruangan yang akan dipergunakan, baik ukuran, perlengkapan maupun ventilasinya, situasi serta kondisi siswa yang akan mengikuti pelajaran baik jumlah, motivasi dan kegairahannya.
e.       Kualitas teknik. Barang kali ada rekaman suara atau gambar-gambar dan alat-alat lainnya yang perlu perlu penyempurnaan sebelum digunakan. Misalnya suara atau gambar yang kurang jelas, keadaannya telah rusak, ketidaksesuaian dengan alat yang lainnya.
  B.     Kriteria-kriteria Pemilihan Media yang Baik
Dalam pemilihan media dan dalam menggunakan media pembelajaran, hendaknya memperhaatikan kriteria-kriteria dalam pemilihan media yang baik. Menurut Nana Sudjana dan Ahmad  Rivai (1921) mengemukakan bahwa rumusan pemilihan media dengan kriteria-kriteria sebagai berikut :
1.      Ketepatannya dengan tujuan pembelajaran, artinya media pembelajaran dipilih atas dasar tujuan-tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Tujuan-tujuan pembelajaran yang berisikan unsure-unsur pemahaman, aplikasi, analisis,sistesis, biasanya lebih mungkin menggunakan media pembelajaran.
2.      Dukungan terhadap isi materi pembelajaran, artinya materi pembelajaran yang sifatnya fakta, prinsip, konsep dan generalisasi sangat memerlukan bantuan media agar lebih mudah dipahami siswa.
3.      Kemudahan memperoleh media, artinya media yang diperlukan mudah diperoleh, setidak-tidaknya mudah dibuat oleh guru pada waktu membelajarkan. Media grafis umumnya mudah dibuat oleh guru tanpa biaya yang mahal, disamping sederhana dan praktis penggunaannya.
4.      Keterampilan guru dalam menggunakan apapun jenis media yang diperlukan syarat utama adalah guru dapat menggunakannya dalam proses pembelajaran. Nilai dan manfaat yang diharapkan bukan pada medianya, tetapi dampak dari penggunaannya dalam interaksi bagi siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
5.      Sesuai dengan taraf berfikir siswa, memilih media pembelajaran harus sesuai dengan taraf  berfikir siswa. Menyajikan grafik yang berisi data dan angka atau proporsi dalam bentuk gambar atau poster. Demikian juga diagram yang menjelaskan alur hubungan suatu konsep atau prinsip hanya bisa dilakukan bagi siswa yang telah memiliki kadar berfikir yang tinggi.
Dengan kriteria pemilihan media diatas, guru dapat lebih mudah menggunakan media mana yang dianggap tepat untuk membantu mempermudah  tugas-tugasnya sebagai pendidik.
  C.    Syarat- syarat Agar Guru Mengetahui dan Terampil Menggunakan Media Pembelajaran.
Dalam menggunakan media pembelajaran perlu diperhatikan bahwa seorang pendidik ataupun seorang guru, memiliki cara-cara mereka sendiri dalam melakukan kegiatan pembelajaran, untuk itu perlu diperhatikan bagaimana keterampilan seorang pendidik dalam melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik dan benar.
Menurut Marrshall Mcluhan (1969) dalam (Suharni arikunto, 1993) mengenai media pembelajaran, yang akhirnya disimpulkan terdapat tiga kelompok guru yang sehubungan dengan media.
Pertama, guru yang hanya tahu akan nama-nama media, kedua guru yang  tahu nama media dan tahu juga untuk apa dan mengapa media tersebut digunakan, dan ketiga, adalah guru yang bukan hanya tahu nama dan tahu untuk apa serta mengapa digunakan, tetapi sampai pada tingkat bagaimana menggunakan media tersebut.
            Mcluhan mengatakan bahwa untuk dapat sampai ke tingkat ketiga, yakni mengetahui dan terampil bagaimana menggunakan media pembelajaran, terdapat tiga syarat, yaitu :
1.      Guru harus tahu spesifikasi media yang akan digunakan mengenai : nama, bagian-bagian, kelengkapan komponen, fungsi, alternatif  kemanfaatan, dan bagaimana menggukannya.
2.      Guru harus bersikap modern (tidak tradisional). Banyak diantara gurunya yang berkiblat pada “ gurunya dulu” waktu membelajarkan sewaktu di sekolah dasar atau sekolah kelanjuttannya. Cara membelajarkan, gaya dan strategi membelajarkan yang dimiliki oleh guru seringkali merupakan refleksi dari apa yang dilakukan oleh gurunya dahulu. Gambaran seperti itu menurut Mcluhan harus dibuang jauh-jauh. Guru harus bersedia mengubah sikap sehingga iklim membelajarkan yang ada disekolah tidak konvensional.
3.      Guru harus dapat menempatkan dirinya sebagai siswa yang belajar. Guru harus memperlakukan siswa sebagai subjek didik, bukan sebagai orang dewasa kecil.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer