Friday 24 November 2017

Metodologi Penelitian "Teknik Analisis Data"

Teknik Analisis Data
                               Teknik Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik yang diajukan oleh Miles dan Huberman yaitu “Data Reduction” (Reduksi Data) Data yang diperoleh dari yang jumlahnya cukup banyak, untuk itu maka perlu dicatat secara teliti dan rinci. Seperti telah dikemukakan , semakin lama peneliti kelapangan, maka jumlah data akan semakin banyak, kompleks dan rumit. Untuk itu perlu segera dilakukan analisis data melalui reduksi data. Mereduksi data berarti merangkum memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari pola dan temanya. Dengan demikian data yang telah direduksi akan memberikan gambar yang lebih jelas, dan mempermudah peneliti untuk melakukan pengumpulan data selanjutnya, dan mencarinya bila diperlukan[1].
                           Selain Reduksi Data ada juga Analisis Data, suati fase penelitian kualitatif yang sangat penting karena melalui analisis data inilah peneliti dapat memperoleh wujud dari penelitian yang dilakukannya. Analisis adalah suatu upaya mengurai menjadi bagian-bagian  (decomposition), sehingga susunan/tatanan bentuk suatu yang diurai itu tampak dengan jelas dan karenanya bisa secara lebih terang diungkap maknanya atau lebih jernih dimengerti duduk perkaranya[2].
                Menurut Patton (1980:289), adalah proses mengatur urutan data, mengorganisasikannya kedalam suatu pola, kategori, dan satuan uraian dasar. Ia membedakannya dengan penafsiran, yaitu memberikan arti yang signifikan terhadap hasil analisis, menjelaskan pola uraian, dan mencari hubungan di antara dimensi-dimensi uraian. Bogdan dan Taylor (1975:79) mendefinisikan analisis data sebagai proses  yang merinci usaha secara formal untuk menemukan tema dan merumuskan hipotesa kerja (ide) seperti yang disarankan oleh data dan sebagai usaha untik memberikan bantuan kepada tema dan hipotesis  kerja itu[3].



[1] Ibid hal : 92
[2] Satori dan Aan, Metodelogi. h.97
[3] Ibid. hal:280

No comments:

Post a Comment

Entri Populer