1)
Pengertian
discovey learning
metode pembelajaran
discovery (penemuan) adalah metode mengajar yang mengatur penagajaran
sedemikian rupa sehingga anak memperoleh pengetahuan yang sebelumnya belum
diketahui itu tidak melalui pemberitahuan, sebagian atau seluruhnya ditemukan
sendiri.
Dalam pembelajaran
dicovery, diharapkan siswa dapata menemukan konsep-konsep dan prinsip-prinsip
melalui proses mentalnya sendiri. Dalam menemukan konsep, siswa melakukan
pengamatan, menggolongkan, membuat dugaan, menjelaskan, menarik kesimpulan dan
sebagainya untuk menemukan beberapa konsep atau prinsip. Metode discovery
diartikan sebagaiprosedur mengajar yang mementingkan pengajaran perseorang. ,
memanipulasi objek sebelum sampai pada generalisasi. Sedangkan Bruner
menyatakan bahwa anak harus berperan aktif dalam belajar. Lebih lanjut
dinyatakan, aktifitas itu perlu dilaksanakan melalui suatu cara yang disebut
discovery. Discovery yang di laksanakan oleh siswa dalam proses belajarnya,
diarahkan untuk menemukan suatu konsep atau prinsip.
Metode
pembelajaean discovery merupakan suatu metode pembelajaran yang menitik
beratkan pada aktifitas siswa dalam belajar. Dalam proses pembelajaran dengan
menggunakan metode ini guru hanya bertindak sebaga pembimbing dan fasilitator
yang mengarahkan siswa untuk menemukan konsep, dalil, prosedur, algoritma dan
semacamnya.
2) Ciri utama discovery learning
Tiga ciri utama
belajar menemukan yaitu:
·
Mengeksplorasi
dan memecahkan masalah untuk menciptakan, menggabungkan dan menggenelarisasi
pengetahuan.
·
Berpusat pada
siswa
·
Kegiatan untuk menggabungkan
pengetahuan baru dan pengetahuan yang sudah ada.
3) Langkah-langkah discovery learning
§ Identifikasi
kebutuhan siswa
§ Seleksi
pendahuluan terhadap prinsip-prinsip pengertian konsep dan generalisasi
pengetahuan.
§ Seleksi
bahan, problema atau tugas-tugas
§ Membantu
dan dan memperjelas atau problema yang dihadapi siswa serta peranan
masing-masing siswa.
§ Mempersiapkan
kelas dan alat-alat yang dibutuhkan.
§ Mengecek
pemahaman siswa terhadap masalah yang akan di pecahkan
§ Memberikan
kesempatan pada siswa untuk melakukan penemuan.
§ Membantu
siswa dengan informasi/data jika diperlukan siswa
§ Memimpin
analasis sendiri (sel analisis) dengan pertanyaan yang mengarahkan dan
mengidentifikasi masalah.
§ Meransang
terjadinya interaksi antara siswa dengan siswa
§ Membantu
siswa merumuskan prinsip dan generelasisasi hasil penemuannya.
Salah satu meode
yang akhir-akhir ini digunakan disekolah-sekolah yang sudah maju adalah metode
descovery. Hal ini disebabkan karena metode ini:
a. Merupakan
suatu cara untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif.
b. Dengan
menemukan dan menyelidiki sendiri konsep yang di pelajari, maka hasil yang di
peroleh akan tahan lama dalam ingatan tidak mudah dilupakan siswa
c. Pengertian
yang ditemukan sendiri merupakan pengertian yang dikuasai dan dmudah digunakan
atau ditransfer dalam situasi lain
d. Dengan
menggunakan strategi discovery anak belajar menguasai salah satu metode
ilmiahyang akan dapat dikembangkannya sendiri
e.
Siswa belajar
berfikir analisis dan mencoba memecahkan problem yang dihadap sendiri, kebiasaan
ini akan ditransfer dalam kehidupan nyata.[1]
No comments:
Post a Comment