Metode
Fenomenologi
Metode
fenomenologi derivasi (diturunkan dari asalnya) fenomenologi membentuk bagian
sentral dari fenomenologi transendental. Husserl menyatakan adalah mungkin
mentransendensikan prasangka dan bias, dan mengalami suatu keadaan dari
kesadaran yang belum direfleksikan yang menggambarkan fenomena sebagai mereka
yang menampakkan dirinya sendiri kepada kita. Husserl mengidentifikasikan
serangkaian tahap akan diambil filsof dari persepsi segar tentang fenomena yang
dikenal untuk menggali ciri khusus fenomena. Pengetahuan yang berasal dari cara
ini yaitu dari pikiran sehat, penjelasan ilmiah dan interpretasi-interpretasi
lain atau abstraksi-abstraksi yang menjadi ciri pemahaman yang lain.
Pengetahuan seperti itu akan menjadi suatu pengetahuan tentang dunia sebagai ia
menampakkan kepada kita dalam hubungan kita dengannya. (“The
phenomenological method of deriving forms a central part of transcendental
phenomenology. Husserl suggested that it was possible to transcend
presuppositions and biases and to experience a state of pre-reflective
consciousness, which allows us to describe phenomena as they present themselves
to us. Husserl identified a series of steps that would take the philosopher
from a fresh perception of familiar phenomena to the extraction of the essences
that give the phenomena their unique character. Knowledge derived in this way
would be free from the common-sense notoins, scientific explanations and other
interpretations or abstractions that characterize most other forms of
understanding. It would be a knowledge of the world as it appears to us in our
engagement with it” (Willig, 1999: 52).
Selanjutnya
dijelaskan bahwa metoda fenomenologi meliputi 3 (tiga) fase perenungan yang
membedakan yaitu: epoche, reduksi fenomenologi dan variasi
imajinatif. Epoche mensyaratkan penundaan perkiraan dan asumsi, penilaian
dan interprestasi untuk memungkinkan kita menyadari secara penuh keberadaan apa
yang nyata. Pada tahap reduksi fenomenologi kita menggambarkan
fenomena yang menampakkan dirinya kepada kita secara total/utuh. Penggambaran
itu meliputi penampilan fisik seperti bentuk, ukuran, warna, dan juga ciri-ciri
pengalaman seperti pemikiran dan perasaan yang muncul dalam kesadaran kita
ketika kita mengarahkan ke fenomena. Melalui reduksi fenomenologi kita
mengidentifikasi unsur-unsur hakiki pengalaman akan fenomena. Dengan kata lain
kita menjadi sadar tentang pengalaman seperti adanya. Variasi imajinatif meliputi
usaha mencapai susunan komponen fenomena. Apabila reduksi fenomenologi
bertalian dengan “apa” yang dialami (yaitu teksturnya), imajinasi “menanyakan”
bagaimana pengalaman itu mungkin (yaitu struktur). Tujuan variasi imajinasi
adalah mengidentifikasikan kondisi yang berhubungan dengan fenomena dan tanpa
hubungan tersebut tidak mungkin akan menjadi sesuatu. Kondisi ini dapat
meliputi waktu, ruang atau hubungan social. Akhirnya gambaran tekstural dan
struktural diintegrasikan untuk sampai pada pemahaman tentang esensi fenomena. (“The
phenomenological method of gaining understanding involves three distinct phases
of contemplation: ephoce, phenomenological reduction and imaginative variation
(for a detailed account of these, see Moustakas 1994). Epoche requires the
suspension of presuppositions and assumptions, judgements and interpretations
to allow ourselves to become fully aware of what is actually before us. In
phenomenological reduction we describe the phenomenon that present itself to us
it totality. This includes physical features such as shape, size, colour and
texture, as well as experiential features such as the thought and feelings that
appear in our consiousness as we attend to the phenomenon. Through phenomenological
reduction, we identify the constitutens of our experience of the phenomenon. In
other words, we become aware of what makes the experience what it is.
Imaginative variation involves an attempt to access the structural components
of the phenomenon. That is, while phenomenological reduction is concerned with
“what”is experienced (i.e. its texture), imaginative variation asks “how” this
experience is made possible (i.e. its structure). The aim of imaginative
variation is to identify the conditions associated with the phenomenon and
whitout which it would not be what it is. This could involve time, space or
social relationships. Finally, textural and structural descriptions are
integrated to arrive at an understanding of the essence of the phenomenon”)
(Willig, 1999: 52).
No comments:
Post a Comment