‘’PROFESIONALISME
TENAGA KEPENDIDIKAN’’
Guru merupakan
suatu profesi yaitu suatu jabatan yang memerrlikan keahlian khusus untuk
menjadi seorang guru dan tidak data dilakukan oleh sembararangan orang diluar
biadang pendidikan, walaupn pada kenyataannya masih terdapat hal-hal tersebut
diluar budag pendidikan. guru professional memiliki kemampuan mengorganisasikan
lingkungan belajar yang produktif. kata “profesi” secara terminology diartikan
suatu pekerjaan yang mempersyaratkan pendidikan tinggi bagi pelakunya dengan
titik tekan pada pekerjaan mental,bukan pekerjaan manual.
Seiring dengan
kemajuan teknologi informasi yang telah demikian pesat, guru tidak lagi hanya bertindak
sebagai penyaji imformasi, tetapi juga harus mampu bertindak sebagai
pasilitator, motivatator, dan
pembibingan yang lebih banyak memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
mencari dan mengelola sendiri imformasi
A.
Guru sebagai
contoh atau suri tauladan
Pada dasarnya
perubahan perilaku yang dapat ditunjukan oleh peserta didik harus
dipengaruhi oleh latar blakang
pendidikan dan pengalaman yang dimlki oleh seorang guru mempunyai pengaruh
terhadap perubahan perilaku peserta didik
B.
Kompetensi dan
tugas guru
Profesionalisme
seorang guru merupakan suatu keharusan dalam mewujudkan sekolah berbasis
pemgetahuan, itu pemahaman tentang pembelajaran. Kurikulum dan perkembangan
manusia termasuk gaya belajar.
C.
Peran guru
dalam pembelajaran tatap muka
Terdapat
beberapa peran guru dalam pembelajaran tatap muka yaitu:
1.
Guru sebagai
perancang pembelajaran
2.
Guru sebagai
pengelola pembelajaran
3.
Guru sebagai
penarah pembelajaran
4.
Guru sebagai
evaluator
5.
Guru sebagai
konselor
D.
Tugas dan
tanggung jawab guru
1)
Membuat perangkat
pembelajarn ,meliputi silabus, program tahunan
dan program semester, rencana
pelaksanaan pembelajarn, LKS
2)
Melaksanakan
kegiatan belajar
3)
Melaksankan
kegiatan penilaian proses belajar ,ulangan harian,ulanagn tengah semester,
ulangan semester, ulangan kenaikan kelas, ujian akhir skolah
4)
Melaksanakan
analisis hasil ulangan harian
5)
Menyusun dan
melaksanakan program remedia dan pengayaan
6)
Membuat alat
peraga atau med ia belajar
7)
Mengadakan
pengembangan program pembelajaran yang menjadi tanggung jawabnya
8)
Membuat cacatan
tentang kemajuan hasil belajar siswa
E.
Syarat guru
yang baik dan berhasil
1.
Capability
Yaitu guru
diharapkan memilki pengetahuan,kecakapan dan keterampilan serta sikap yang
lebih mantap dan memadai sehingga mampu mengelola proses pembelajaran menjadi
efektif
2.
Inovator
Yaitu sebagai
tenaga pendidik yang memiliki komitmen terhadap upaya perubahan dan reformasi
guru diharapkan memilki pengetahuan,
keckapan dan keterampilan serta sikap yang tepat terhadap pembaharuan dan
sekaligus merupakan penyebar ide pembaharuan yang efektif
3.
Developer
Yaitu guru
harus mempunyai visi dan misi keguruan yang mantap dan luas perspektifnya .guru
harus mampu melihat ke depan dan menjawab tantangan yang dihadapi sector
pendidikan sebagi suatu sistem
F.
Perkembangan
professional guru secara
berkelanjutan
Sebagi tenaga
professional, guru dituntut mempalidasi ilmunya, baik melalui belajar sendiri
maupun melalui program pembinaan dan penembangan yang dilembagakan oleh
pemerintah.
Seperti
disebutkan diatas, aktivitas pengembangan profesi guru bersifat terus menerus, tiada henti, dan
tidak ada titik puncak kemampuan professional yang benar-benar final.
No comments:
Post a Comment