Wednesday 8 March 2017

‘’PROFESIONALISME TENAGA KEPENDIDIKAN’’

‘’PROFESIONALISME TENAGA KEPENDIDIKAN’’
Guru merupakan suatu profesi yaitu suatu jabatan yang memerrlikan keahlian khusus untuk menjadi seorang guru dan tidak data dilakukan oleh sembararangan orang diluar biadang pendidikan, walaupn pada kenyataannya masih terdapat hal-hal tersebut diluar budag pendidikan. guru professional memiliki kemampuan mengorganisasikan lingkungan belajar yang produktif. kata “profesi” secara terminology diartikan suatu pekerjaan yang mempersyaratkan pendidikan tinggi bagi pelakunya dengan titik tekan pada pekerjaan mental,bukan pekerjaan manual.
Seiring dengan kemajuan teknologi informasi yang telah demikian pesat, guru tidak lagi hanya bertindak sebagai penyaji imformasi, tetapi juga harus mampu bertindak sebagai pasilitator,  motivatator, dan pembibingan yang lebih banyak memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari dan mengelola sendiri imformasi
A.    Guru sebagai contoh  atau suri tauladan
Pada dasarnya perubahan perilaku yang dapat ditunjukan oleh peserta didik harus dipengaruhi  oleh latar blakang pendidikan dan pengalaman yang dimlki oleh seorang guru mempunyai pengaruh terhadap perubahan perilaku peserta didik
B.     Kompetensi dan tugas guru
Profesionalisme seorang guru merupakan suatu keharusan dalam mewujudkan sekolah berbasis pemgetahuan, itu pemahaman tentang pembelajaran. Kurikulum dan perkembangan manusia termasuk gaya belajar.
C.     Peran guru dalam pembelajaran tatap muka
Terdapat beberapa peran guru dalam pembelajaran tatap muka yaitu:
1.      Guru sebagai perancang pembelajaran
2.      Guru sebagai pengelola pembelajaran
3.      Guru sebagai penarah pembelajaran
4.      Guru sebagai evaluator
5.      Guru sebagai konselor
D.    Tugas dan tanggung jawab guru
1)   Membuat perangkat pembelajarn ,meliputi silabus, program tahunan dan program semester, rencana pelaksanaan pembelajarn, LKS
2)   Melaksanakan kegiatan belajar
3)   Melaksankan kegiatan penilaian proses belajar ,ulangan harian,ulanagn tengah semester, ulangan semester, ulangan kenaikan kelas, ujian akhir skolah
4)   Melaksanakan analisis hasil ulangan harian
5)   Menyusun dan melaksanakan program remedia dan pengayaan
6)   Membuat alat peraga atau med ia belajar
7)   Mengadakan pengembangan program pembelajaran yang menjadi tanggung jawabnya
8)   Membuat cacatan tentang kemajuan hasil belajar siswa
E.     Syarat guru yang baik dan berhasil
1.      Capability
Yaitu guru diharapkan memilki pengetahuan,kecakapan dan keterampilan serta sikap yang lebih mantap dan memadai sehingga mampu mengelola proses pembelajaran menjadi efektif
2.      Inovator
Yaitu sebagai tenaga pendidik yang memiliki komitmen terhadap upaya perubahan dan reformasi guru  diharapkan memilki pengetahuan, keckapan dan keterampilan serta sikap yang tepat terhadap pembaharuan dan sekaligus merupakan penyebar ide pembaharuan yang efektif
3.      Developer
Yaitu guru harus mempunyai visi dan misi keguruan yang mantap dan luas perspektifnya .guru harus mampu melihat ke depan dan menjawab tantangan yang dihadapi sector pendidikan sebagi suatu sistem
F.      Perkembangan professional guru secara berkelanjutan
Sebagi tenaga professional, guru dituntut mempalidasi ilmunya, baik melalui belajar sendiri maupun melalui program pembinaan dan penembangan yang dilembagakan oleh pemerintah.
Seperti disebutkan diatas, aktivitas pengembangan profesi  guru bersifat terus menerus, tiada henti, dan tidak ada titik puncak kemampuan professional yang benar-benar final.


No comments:

Post a Comment

Entri Populer