Friday 22 December 2017

TANYA JAWAB “MENGANALISIS FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT PROSES BELAJAR SISWA DALAM SEKOLAH PONDOK PESANTREN MUHIBBIN MISPALAH PRAYA”

TANYA JAWAB
   A.    Pertanyaan
1.      Apa saja faktor-faktor  pendorong siswa dalam proses belajar mengajar?
2.      Apa saja faktor-faktor penghambat dalam proses belajar mengajar?
   B.     Jawaban
1.         Faktor pendorong dalam belajar yaitu salah satunya adalah motifasi. Motifasi sangat berpengaruh terhadap proses belajar siswa sebelum seorang guru masuk ke materi pertama harus memberikan motifasi kepada siswanya agar  siswa tersebut dapat lebih termotifasi dalam belajar. Selain itu juga guru harus lebih rapi dalam mengajar, agar siswa lebih bersemangat dan dalam mengajar guru harus memiliki metode pembelajaran yang ccocok untuk di terapkan dalam kelas tersebut.
Selain itu juga masih banyak lagi yang mendorong siswa dalam belajar, termasuk juga pasilitas kelas yang memadai sehingga siswa lebih nyaman belajar di dalam kelas. Seperti halnya salah satu pasilitas kelas yang dapat mendorong siswa dalam belajar yaitu kenyamanan ruang kelas seperti adanya kipas angin, buku referensi dan masih banyak lagi yang dapat mendorong siswa dalam belajar.
2.         Fakror penghambat belajar siswa juga sangatlah beragam diantaranta adalah kesenyambungan pada guruseperti halnya seorang murid hanya menyukai gurunya atau hanya menyukai mata pelajaran yang di sampaikan saja sehingga menyebabkan siswa menjadi bosan dalam proses belajar. Yang kedua guru tidak banyak mempunyai metode mengajar,artinya guru hanya menggunakan metode ceramah minsalnya sehingga siswa menjadi bosen dengan metode itu-itu saja, lebih parah lagi siswa menjadi mengantuk di dalam kelas jadi materi yang di jelaskan oleh guru tersebut tidak dapat di mengerti oleh siswa tersebut.
Yang ketiga adalah tingginya materi yang di sampaikan, artinya seorang guru tidak melihat sikologis dan psikologis seorang siswa sehingga seorang guru harus mrnyesuaikan materi yang akan di ajarkan dengan kemampuan siswanya. Karena di setiap kelas tersebut tidak semua siswa memiliki sikologis dan psikologis yang sama, sehingga seorang guru harus menyesuaikan dengan kemampuan siswa tersebut.
 Di dalam satu kelas tidak akan mungkin semua siswa tersebut memiliki kemampuan yang sama, ada yang kemampuannya tinggi dan ada juga yang memiliki kemampuan yang tergolong rendah sehingga sedikit kemungkinan siswa yang memiliki kemampuan engah dapat mengejar siswa yang memang sudah memiliki kemampuan yang tinggi.
Dan faktor yang terakhir yaitu kurangnya motifasi, seorang guru yang propesional harus dapat memotifasi atau membangkitkan semangat belajar siswa agar siswa tidak bosen dalam belajar. Guru juga harus memiliki langkah-langkah dalam belajar sepertimengawalinya dengan perkenalan materi agar siswanya dapat lebih memahami materi yang di sampaikan.


 C.    PERBANDINGAN ANALISIS DENGAN TEORI 

No comments:

Post a Comment

Entri Populer