TANYA JAWAB
A.
Pertanyaan
1.
Apa
saja faktor-faktor pendorong siswa dalam
proses belajar mengajar?
2.
Apa
saja faktor-faktor penghambat dalam proses belajar mengajar?
B.
Jawaban
1.
Faktor
pendorong dalam belajar yaitu salah satunya adalah motifasi. Motifasi sangat
berpengaruh terhadap proses belajar siswa sebelum seorang guru masuk ke materi
pertama harus memberikan motifasi kepada siswanya agar siswa tersebut dapat lebih termotifasi dalam
belajar. Selain itu juga guru harus lebih rapi dalam mengajar, agar siswa lebih
bersemangat dan dalam mengajar guru harus memiliki metode pembelajaran yang
ccocok untuk di terapkan dalam kelas tersebut.
Selain
itu juga masih banyak lagi yang mendorong siswa dalam belajar, termasuk juga
pasilitas kelas yang memadai sehingga siswa lebih nyaman belajar di dalam
kelas. Seperti halnya salah satu pasilitas kelas yang dapat mendorong siswa
dalam belajar yaitu kenyamanan ruang kelas seperti adanya kipas angin, buku
referensi dan masih banyak lagi yang dapat mendorong siswa dalam belajar.
2.
Fakror
penghambat belajar siswa juga sangatlah beragam diantaranta adalah
kesenyambungan pada guruseperti halnya seorang murid hanya menyukai gurunya
atau hanya menyukai mata pelajaran yang di sampaikan saja sehingga menyebabkan
siswa menjadi bosan dalam proses belajar. Yang kedua guru tidak banyak
mempunyai metode mengajar,artinya guru hanya menggunakan metode ceramah
minsalnya sehingga siswa menjadi bosen dengan metode itu-itu saja, lebih parah
lagi siswa menjadi mengantuk di dalam kelas jadi materi yang di jelaskan oleh
guru tersebut tidak dapat di mengerti oleh siswa tersebut.
Yang
ketiga adalah tingginya materi yang di sampaikan, artinya seorang guru tidak
melihat sikologis dan psikologis seorang siswa sehingga seorang guru harus
mrnyesuaikan materi yang akan di ajarkan dengan kemampuan siswanya. Karena di
setiap kelas tersebut tidak semua siswa memiliki sikologis dan psikologis yang
sama, sehingga seorang guru harus menyesuaikan dengan kemampuan siswa tersebut.
Di dalam satu kelas tidak akan mungkin semua
siswa tersebut memiliki kemampuan yang sama, ada yang kemampuannya tinggi dan
ada juga yang memiliki kemampuan yang tergolong rendah sehingga sedikit
kemungkinan siswa yang memiliki kemampuan engah dapat mengejar siswa yang
memang sudah memiliki kemampuan yang tinggi.
Dan
faktor yang terakhir yaitu kurangnya motifasi, seorang guru yang propesional
harus dapat memotifasi atau membangkitkan semangat belajar siswa agar siswa
tidak bosen dalam belajar. Guru juga harus memiliki langkah-langkah dalam
belajar sepertimengawalinya dengan perkenalan materi agar siswanya dapat lebih
memahami materi yang di sampaikan.
C.
PERBANDINGAN ANALISIS DENGAN TEORI
No comments:
Post a Comment