Tuesday 29 November 2016

Resume Buku Bagai mana mencari kawan dan mempengaruhi orang lain



Buku ini di karang oleh Dale Carnegia yang di mana beliu adalah  seorang penulis dan pengajar dari Amerika Serikat dan sorang motivator di berbagai kursus pengembangan diri,penjualan,keuangan,dan keterampilan.Di lahir kan dari keluarga miskin pada tahun 1888 di Missouri,Dale adalah seeorng anak petani yang tidak mampu,Dalam masa remaja nya Ia baangun pukul 4 tiap pagi untuk memerahi sapi milik orang tua nya dan lalu perrgi sekolah,pekerjaan nya setelah selsai sekolah adalah memberikan kursus kepada para peternak lalu menjual sabun dan lemak babi,setelah menabung dari hasil penjualan nya Dale berhenti berjualan pada tahun 1911guna mengejar impian nya untuk menjadi pengajar Chautauqua namun malah ia masuk ke American Academy di New York,namaun karir nya sebagai aktor tidak begitu sukses,ketika peroduksi berakhir ia menjadi pengaguran dan hampir bangkrut,Ia tinggal di the YMC,di sini lah ia mendapat kan ide untuk mengajar di public speaking,dan pada tahun 1936 Buku Bagaimana mencari kawan dan memengaruhi orang lain ini pertama kali di terbit kan,dari debut nya pada tahun 1937 dalem bebrapa bulan kemudian telah mencapai cetakan yang ke 17.
Setelah wafat nya Dale Carnegie pun buku tersebut telah mencapai penjualan 5 juta kopi dan di terjemah kan ke dalam 31 bahasa.
 Dale Carnegia membagi buku ini menjadi empat bagia:
1.      Teknik dasar berhubungan dengan manusia
2.      Bagaimana membuat orang lain menyukai diri kita
3.      Mempengaruhi orang lain
4.      Bagaaimana mengubah orang lain
Di antara empat bagiaan yang sudah di papar kan oleh  Dale Carnegia saya akan membahas salah satu nya yaitu  Bagaimana membuat orang lain menyukai diri kita.
Dale juga membagi 6 cara untuk membuat orang lain menyukai kita
Enam cara untuk membuat orang lain menyukai anda
Ø Bersungguh sungguh menaruh minat kepada orang lain
Kita mendapatkan lebih banyak kawan dalam waktu 2 bulan dengan cara tertarik kepada orang lain di banding kan 2 tahun dengan cara mengusahakan orang lain tertarik pada kita,kalau kita hanya berusaha memberikan kesan pada orang lain dan berusaha menjadi kan orang lain tertarik pada kita kita tidak kan pernah mempunyai banyak kawan sejati dan tulus,kawan sejati tidak kan pernah di hasil kan dengan cara seperti itu,Alfred Adier seorang pesikolog terkenal dari Vienna,menulis sebuah buku dengan judul What Life Should Mean To you dalam buku nya itu,dia berkata’’Bahwa individu yang tidak tertarik pada kawan-kawan nya lah yang memiliki kesulitan terbesar kepada orang lain.dari antara para individu tersebut lah semua kegagalan timbul.’’
Dengan memiliki minat yang pasti terhadap orang lain kita menciptakan kehidupan yang baru bagi diri kita sendiri.kita tertarik pada orang lain tatkal mereka tertarik pada kita.salah satu caranya  menyapa orang lain dengan antosias dan semangat.minat yang tulus kepada orang lain adalah kualitas paling penting untuk di miliki oleh seorang penjual untuk siapa pun,untuk siapa pun,untuk masalah itu.mari kita ambil contoh kejadian yang melibat kan perinsip ini.
Berikut salah satu pengalaman Dale Carnegie seperti yang ia tulis kan’’Saya melewat kan suatu malam di kamar ganti Howard Thurston, saat terahir kali dia muncul di Broadway Thurston di kenal sebagai ketua para ahli sulap. Selama empat puluh tahun dia telah berkeliling di seluruh dunia,menciptakan  ilusi, menyihir para penonton,dan membuat orang tercengang.Lebih dari 60 juta orang telah membayar untuk menonton pertunjukan nya, dan dia telah mengantongi keuntungan 2 juta dolar.
Saya bertanya kepada Thurston  tentang rahasia sukses nya. Pendidikan formal nya sudah pasti tidak ada hubunggan nya dengan ini karena dia telah melarikan diri dari rumah ketika masih kecil untuk menjadi gelandangan,naik gerbong barang,tidur di tumpukan jerami,mengemis makanan dari pintu ke pintu,dan belajar membaca dengan cara keluar gerbong barang,memandangi tanda-tanda di sepanjang jalan.
Apakah dia mempunyai  pengetahuan luar biasa tentang sulap?Tidak, dia bercerita kepada saya bahwa ratusan buka sudah di tulis tentang permainan sulap,dan hampir semua orang sudah tau apa yang dia kerjakan. Tetapi dia mempunyai dua hal yang orang lain tidak miliki, Pertama dia mempunyai kemampuan menampil kan keperibadian nya di depan lampu sorot. Dia adalah seorang penghibur ulung.
Dia kenal akan sifat dasar manusia. Segala yang di lakukan nya,setiap gerakan,setiap intonasi suara nya,setiap saat alis nya terangkat,telah di peraktikan nya dengan seksama sebelum nya,dan aksi panggung nya di hitung dengan hitungan detik, Namun selain dari kemampuan itu banyak para tukang sulap akan melihat kepada penonton dan berkata kepada diri mereka sendiri,’’Nah,ada sekelompok besar orang yang mudah di tipu di sana,sekelompok orang dusun;saya akan membodohi mereka.” Tetapi metode Thurston sama sekali berbeda,Dia berkata kepada saya bahwa setiap kali dia naik di atas panggung dia berkata kepada diri nya; “Saya sangat bersukur karna orang-orang ini datang kepada saya,mereka lah yang memungkin kan saya mencari uang dengan cara yang sangat saya sukai.saya akan memberikan mereka pertunjukan terbaik yang mampu saya lakukan.
Dari contoh di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kebarhasilan Howard Thurston di dalam ilmu sulap tidak terlepas dari hubungan nya dengan manusia yang di mana,dia mampu menampil kan keperibadiannya di depan orang banyak,dia kenal akan sifat dasar manusia dan bagaimana cara nya berhubungan dengan manusia.
Kita tidak pernah menyadari di dalam pergaulan sehari hari terkadang kita jarang bahkan tidak pernah untuk berusaha kagum pada orang lain dan sebalik nya kita malah sibuk untuk bagaimana agar orang lain kagum kepada kita padahal itu adalah hal yang salah,bagaimna orang lain bisa tertarik dan kagum kepada kita sedang kan kita tidak berusaha untuk kagum dan bahkan tertarik pada orang lain.
Oleh karna itu kagumi lah dan berikan perhatian yang tulus kepada teman kita bahkan kepada orang-orang  yang tanpak nya tidak penting pada saat berbicara kepada mereka,ingat pada dasar nya manusia berhasrat untuk menjadi penting
Berusaha lah untuk mengagumi dengan tulus kepada orang lain,kagumi hal-hal yang mereka miliki tetapi tidak di miliki oleh orang lain. Pada dasar nya sifat manusia adalah ,mereka hanya tertarik pada diri mereka sendiri,semua orang akan senang sekali bila ada orang lain yang mengagumi mereka,oleh karna itu jangan lah kita selalu merasa pantas untuk di hormati dan di kagumi tanpa kita mau untuk menghormati dan mengagumi orang lain.
Jika anda ingin orang lain menyukai anda,jika anda ingin mengembangkan persahabatan sejati,jika anda ingin menolong orang lain sekali gus menolong diri anda sendiri simpan perinsip ini “ bersungguh-sungguh lah menaruh minat pada orang lain ’’di dalam pikiran anda.
Karna dengan perinsip ini anda bisa menjalan kan kehidupan sebagaimana yang anda ingin kan dalam berintaksi dan berhubungan dengan manusia yang lain oleh sebab itu di dalam peroses kita untuk berhubungan dengan manusia dan bagaimana cara kita mencari kawan sangat mudah asal kan kita bisa menjalan kan perisip perinsip di atas.













Ø Tersenyumlah
Ini adalah cara sederhantuk membuat kesan pertama yang baik,daya tarik ,kemampuan membuat orang lain menyukai nya,hampir semua nya menjadi penyebab dari sukses yang luar biasa dan salah satu paktor yang sangat menyenang kan dalam keperibadian adalah senyum yang yang memikat
Profesor James  V.McConnell seorang pesikolog di Universitas Michigan berkata”Orang yang tersenyum cendrung mampu mengatasi,mengajar dan menjual dengan efektip dan membesar kan anak-anak yang lebih bahagia.ada jauh lebih banyak informasi tentang senyuman dari pada sebuah kerut di kening,karna senyum itu lah yang mendorong semangat,alat pengajaran yang jauh lebih efektif dari pada hukuman”
Anda harus senang ketika berjumpa dengan orang-orang,kalau anda mengharapkan mereka untuk senang bertemu dengan anda.orang jaraang berhasil dalam hal apa pun kecuali mereka mendapat kesenangan dalam mengerjakannya. William James seorang pesikolog dan filsuf  berkata”kalau anda seorang diri,paksa diri anda untuk bersiur atau mendengarkan sebuah lagu.bersikaf lah seolah-olah anda sudah bahagia.
Tindakan tampak nya mengikuti perasaan,padahal sebenar nya tindakan dan perasaan berjalan bersama dan dengan mengatur tindakan yang berada di bawah kontrol lansung dari kehendak,kita bisa secara tidak lansung mengatur perasaan kita,yang tidak kita kendali kan lansung,jadi jalan menuju kebahagiaan,kalau kegembiraan kita hilang ,adalah duduk dengan riang lalu bertindak dan berbicara seolah-olah anda memang bahagia.
Manajer personalia dari sebuah toserba besar di New York pernah berkata bahwa dia lebih berminat mempekerjakan seorang gadis penjual yang belum menyelesaikan sekolah,tetapi mempunyai senyum yang menyenang kan,dari pada mempekerjakan seorang yang bergrelar yang berwajah muram. Pengaruh senyum itu memang luar biasa,bahkan tatkala senyum itu tidak tanpak di depan mata.
Beberapa perusahaan telepon di Amerika mempunyai satu perogram yang nama nya”kekuatan telepon” yang di tawarkan kepada  para pegawai yang menggunaka telepon untuk menjual pelayanan atau peroduk-peroduk mereka mereka.Dalam perogram ini perogram ini mereka menyaran kan supaya anda tersenyum tatkala berbicara di telepon.senyum anda akan terdengar dalam suara anda. Robert Cryer, manajer departemen komputer untuk sebuah perusahaan di Cincinnata,Ia mencerita kan bagaimana ia berhasil mendapatkan pelamar yaang tepat untuk mengisi sebuah posisi yang sulit. Ia hampir putus asa merekrut seorang yang bergelar Ph.D yang berpengetahuan komputer untuk departemen nya.Namun ahir nya ia menemukan seorang pemuda dengan koalifikasi ideal yang baru saja tamat dari Universitas Purdue.Setehah beberapa percakapan melalui telepon Robert baru tau bahwa pemuda tersebut juga ternyata mendapatkan beberapa tawaran dari perusahaan-perusahaan lain nya,banyak dari perusahaan tersebut yang lebih terkenal dan lebih besar dari perusahaan Robert.Robert sangat senang ketika pemuda tersebut menerima tawaran nya,Robert bertanya kenapa Ia lebih memilih perusahaan nya dari pada perusahaan lain yang lebih besar,pemuda itu menjawab,saya kira karna para manajer perusahaan lain nya berbicara di telepon dengan suara dingin dan bersikap bisnis,yang membuat saya merasa sama dengan transaksi binis.Suara anda terdengar seakan-akan anda senang mendengar saya bahwa anda benar-benar membutuhkan saya menjadi bagian dari organisai anda.
Senyum anda mmerupakan utusan dari niat baik anda,senyum anda membuat cemerlang kehidupan mereka semua yang memandangnya. Oleh karna itu berusaha lah untuk selalu tersenyum kepada siapa pun teman anda berintaksi karna dengan anda tersenyum akan memberikan hal yang positif kepada orang lain,baik di dalam pekerjaan maupun di saat anda berintaksi dengan masyarakat di kehidupan sehari-hari karna dengan anda berusaha untuk tersenyum anda akan di sambut baik oleh orang lain di dalam kehidupan anda. Orang cina kuno adalah kumpulan orang yang bijaksan,bijaksana dalam cara-cara dunia,dan mereka mempunyai satu pepatah yang anda dan saya harus mengingat nya,pepatah itu adalaah:”seseorang yang tanpa wajah yang tersenyum tidak boleh membuka toko.”       


Ø Nama seseorang adalah hal yang paling mengesan kan dan paling penting bagi seseorang itu dalam hal apa pun
Kebijaksanaan dalam mengingat dan menghormati nama kawan-kawan nya dan rekan bisnis nya adalah salah satu cara kepemimpinan Andrew Carnegie. Andrew Carnegie adalah seorang industrialis Skotlandia-Amerika,pengusaha dan dermawan besar.Dia adalah salah satu pemimpin yang paling terkenal dari industri ahir abad 19 dan awal 20.Dia bangga akan fakta bawa dia mampu memanggil banyak dari pekerja pabrik nya dengan nama pertama mereka.ingat lah nama-nama mereka dan panggil lah dengan sikap bersahabat dan anda sudah memberikan pujian yang sangat efektif,namun apabila anda melupakan nya atau salah menyebut nya,anda sudah membuat diri anda mendapat banyak kerugian.
Dale Carnegie pernah mewawancarai Jim Farley dan menanyakan kepada nya rahasia keberhasilan nya.dia menjawab.”kerja keras,”dan Dale Carnegie berkata,jangan bercanda. Kemudian Jim Farley bertanya kepada Dale apa yang ada dalaam pikiran Dale yang merupakan alasan nya untuk sukses,kemudian Dale menjawab;Anda bisa menyebut kan nama depan dari sepuluh ribu orang.Bukan, jawab nya;saya mampu menjawab nama depan lima puluh ribu orang.
Jim Farley adalah seorang wiraniaga untuk perusahaan gips,dan selama Ia memegang jabatan sebagai pegawai kota di stony point,dia membangun sistem untuk mengingat nama. Pada awal nya hal itu sangat sederhana.Setiap kali mendapat kan seorang kenalan baru,Dia akan mencari tau nama lengkap nya beserta beberapa pakta tentang keluarga nya,bisnis dan opini politik nya. Separuh waktu dari saat kita di perknal kan kepada seseorang,yang kita lakukan adalah mengobrol beberapa menit,kemudian sudah tidak bisa mengingat nya lagi begitu mengucapkan selamat tinggal. Kemampuan untuk mengingat nama-nama orang,hampir sama penting nya untuk kontak-kontak bisnis dan sosial,seperti hal nya dalam politik.
Napoleon ketiga,kaisaar perancis, dan keponakan Napoleeon yang agung,menyombongkan diri bahwa di samping kesibukan tugas-tugas bisnis kerajaan,dia mampu mengingat nama-nama setiap orang yang di jumpai nya. Tehnik nya sederhana.jika dia tidak mendengar nama itu dengan jelas,dia akan berkata,Maaf sekali saya tidak tidak mendengar nama anda dengan jelas,kemudian bila itu sebuah nama yang tidak biasa,dia akan berkata,bagaimana mengeja nya. Selama percakapan berlansung dia bersedia mengulang nama itu beberapa kali,dan beusaha mengingat nya dengan ciri khas,ekspresi dan penampilan umum orang itu.Jika orang itu adalah orang penting Napoleon bahkan akan lebih keras berusaha untuk mengingat nya.
Penting nya untuk mengingat dan menggunakan nama buka sekedar hak istimewa para raja dan para eksekutif perusahaan.dengan berusaha unttuk mengingat nama orang lain dapat memberikan manfaat bagi kita untuk bagaimana agar kita lebih kenal dan ingat kepada orang yang baru kita kenal. Kita harus sadar akan kajaaiban sebuah nama,karna dengan nama kita bisa saling kenal dan saling ingat antara yang satu dengan yang lain dan membuat kita lebih nyaman untuk berintaksi atar individu.
Ingat bahwa setiap nama seseorang yang di berikan oleh orang tua nya pasti memiliki arti dan masud tertentu,oleh karna itu jangan pernah untuk meremeh kan setiap nama yang seseeorang yang kenal. Rahasia besar seorang Andrew Carnegie adalah dia selalu mengingat nama bawahan nya,dan selalu memanggil nama bawahan nya dengan sapaan akrap sembari tersenyum dan tidak pernah meremehkan bawahan nya,itu yang membuat Andrew Carnegie slalu di hormati dan di segani oleh bawahan nya. Itu adalah salah satu contoh bahwa betapa penting seorang atasan mengingat nama-nama bawahan nya unuk menciptaka suasana kerjaa yang baik,karna dengan seperti itu bawahan kita akan selalu bertanggung jawab pada pekerjaan nya karna dia selalu melihat pimpinan nya yang selalu akrap dengan nya.






Ø Jadilah pendengar yang baik.Dorong orang lain untuk berbicara tentang diri mereka
Perinsip ini adalah cara yang mudah untuk menjadi pembicara yang baik,karna untuk menjadi pembicara yang baik kita hatus menjadi pendengar yang baik terlebih dahulu. Apa rahasia dan misteri wawancara bisnis yang berhasil?Menurut Presiden Harvard yang sebelum nya,Charles W.Eliot ”Tidak ada misteri dalam wawancara bisnis yang berhasil,hanya satu:perhatian penuh terhadap orang lain yang sedang berbicara pada diri anda,itu sangat penting.
Eliot sendiri adalah master dalam seni mendengar kan untuk masalalu.Henry James,Novelis besar Amerika mengatakan bahwa yang di maksud mendengar kan oleh Eliot adalah bukan sekedar mendengar kan dengan diem,melain kan suatu bentuk kegiatan,dia duduk tegak di ujung kursi nya,dengan tengah-tengah menyatu di atas pangkuan,tidak membuat gerakan apaun kecuali memutar ibu jari nya dengan lebih cepat atau lebih lambat,dia memandang teman bicara nya,dan tampak nya mendengarkan dengan mata dan telinga nya.Dia medengarkan dengan pikiran nya,Dan dengan penuh perhatian memikirkan apa yang anda katakan sementara anda mengatakan nya,pada ahir wawancara orang yang sudah berbicara dengan nya merasa bahwa dia mengerti apa yag di sampaikan nya.
Sebuah toserba di chicagi nyaris kehilangan seorang pelanggan tetap mereka,yang bias nya menghabiskan beberapa ribu dolar setiap tahun di toko itu karna seorang pelayan toko tidak bersedia mendengarkan nya. Orang yang suka sekali mengeluh,bahkan tukang keritik paling kejam sering skali akan menjadi lembut dan lunak,di depan seorang pendengar yang sabar dan simpatik.Hal ini akan menjelas kan nya,beberapa tahun yang lalu,perusahaan telepon Now York di hadap kan dengan suatu masalah dimana mreka harus berurusan dengan salah satu pelanggan yang paling keji yang pernah mengutuk wakil pelayanan pelanggan.Pelanggan ini benar-benar menyumpah.dia mengomel.Dia mengecam hendak mencabut Telepon,dia menolak membayar sebuah rekening yang dia bilang keliru,dia menulis surat keluhan kesemua koran,dan dia mulai mengajukan beberapa gugatan kepada perusahaan Telepon tersebut.
Akhir nya saalah seorang pemecah persoalan perusahaaan itu yang paling ahli di kirim untuk mewawancarai pelanggan itu,pemecah persoalaan ini mendengarkan pelanggan yang gemar berbantah ini menarik mati diri nya,menumpahkan semua amarah nya,wakil dari perusahaahan Telepon itu mendengarkan dan hanya berkata,”ya” dia menaruh simpati terhadap keluhan nya. Dia terus saja mengoceh,dan pemecah masalah dari perusahaan Telepon itu mendengarkan nya hampir tiga jam,tatkala dia menyampaikan pengalaman ini di depan salah satu kelas para penulis,kemudian si pemecah masah kemabali lagi untuk menemui nya,masih mendengar lanjutan nya.pemecah masalah itu mewawancarai empat kali,dan sebelum kunjungan ke empat berakhir pemecah masalah itu menajdi anggota dari organisai yang baru di mulai nya,dia menyebut nya’Asosiasi pelindung pelayan Telepon’.sampai kini pemecah masalah tersebut masih menjadi anggota organisai ini, dan sepanjang pengetahuan nya hanya pemecah masalah perwakilan daari perusahaan telepon itulah anggota dari organisai tersebut di duni ini,selain dia.
Pemecah masalah mendengar kan dan menaruh simpati kepada nya pada setiap hal yang dia ajukan selama beberapa kali wawancara,dia tidak pernah berhasil memperoleh seorang wakil dari pihak telepon yang mau bicara dengan nya seperti ini sebelum nya dan karna itu mengubah nya hampir menjadi ramah. Alasan yang membuat saya datang mengunjungi nya bahkan tidak di singgung dalam kunjungan pertama,juga tidak untuk kunjungan yang kedua maupun ketiga,namun pada kunjungan ke empat saya menutup kasus itu sepenuh nya,dia membayar penuh semua rekening nya,dan untuk pertama kali nya dalam sejarah kesulitan nya dengan perusahaan telepon,dia dengan suka rela menarik keluhan keluhan nya dari komisi pelayanan masyarakat.
Dari kasus di atas kita dapat menyimpulkan bahwa menjadi pendengar atas kasus dan bahkan keluhan orang lain bisa membantu menyelasaikan masalah orang lain,karna tidak selama nya orang yang menjadi pendengar yang baik tidak bisa mejadi pembicara dan pemberi solusi buat orang lain. Mari kita mendorong orang untuk bebas berbicara tentang diri nya,tentang masalah yaang di hadapi nya dan kita berusaha untuk menjaadi pendengar dan pembeeri solusi yang baik bagi mereka.

Ø Bicaralah mengenai minat orang lain
Setiap orang yang pernah menjadi tamu Theodore Roosavelt akan tercengang akan pengetahuan nya yang luas,apakah tamu nya itu seorang pengembala sapi,politikus atau seorang diplomat, Theodore Roosavelt tau apa yang harus di kata kan nya.Bagaimana hal itu di lakukan nya?jawab nya sederhana.pada saat Roosavelt menunggu seorang tamu,dia akaan duduk pada malam sebelum nya,membaca subjek yang dia tau merupakan minat utama tamu nya. Karna Roosavelt tau seperti juga semua pembaca tau bahwa jalan penting menuju hati seorang adalah berbicara tentang hal-hal yang paling mereka hargai.
William lyon phelps yang cerdas,pengarang esai dan profesor sastra di Yale sudah belajar hal-hal ini lebih dini dalam kehidupan. Ketika William lyon phelps berusia 8 tahun dan sedang melewatkan akhir minggu kerumah Bibi Libby,Dia menulis dalam esai nya tentang Human Nature,seorang laki-laki setengah baya datang berkujung,dan setelah berbasa basi sopan dengan bibi saya,dia memberikan seluruh perhatian nya kepada saya.saat itu kebtetulan saya sangat tertarik tentang kapal,dan tamu itu bisa membahas nya dengan cara yang sangat menyenang kan. Setelah dia pergi saya membicara kan laki-laki itu dengan antusias.kemudian tante saya memberitau bahwa lelaki itu adalah ahli hukum di Now York,bahwa diaa tidak tahu apapun tentang kapal,bahwa dia sedikit pun tidak berminat pada topik itu,tetapi mengapa dia berbicara tentang kapal terus menerus?
Karna dia seorang yang bijaksana,dia melihat jika William lyon phelps tertarik pada kapal,dan dia berbicara tentang hal yang dia tau kau akan senag mendengar nya,dia membuat diri nya menyenangkan. Dan William lyon phelps menambah kan,saya tidak pernah melupakan perkataan bibi saya,pada saat saya menulis bab ini di depan saya ada sepucuk surat dari Edward L.Chalif.yang aktif dalam kegiatan peramuka.
Suatu hari saya berpikir bahwa saya memerlukan bantuan,jambore besar akan di ada kan di Eropa,dan saya ingin peresiden perusahaan dari salah satu perusahaan yang terbesar di Amerika mau memberikan dana kepada anak didik saya untuk perjalanan itu. Untung nya sebelum saya pergi menjumpai lelaki ini saya mendengar bahwa dia telah menarik cek sebesar satu juta dolar,dan seteelah cek itu di batal kan dia membingkai nya.
Jadi hal yang pertama yang saya lakukan begitu saya masuk kekantor nya adalah minta melihat cek itu.cek sebesar satu juta dolar,saya kata kan kepada nya bahwa saya tidak pernah tahu ada orang yang pernah menulis cek semacam itu, dan bahwa saya ingin menyampaikan kepada anak saya bahwa saya benar-benar melihat cek senilai satu juta dolar. Dia dengan senang hati memperlihatkannya kepada saya, saya kagum melihatnya dan memintanya menceritakan kepada saya semuanya, bagaimana sampai terjadi penarikan.”
Anda perhatikan,bukan,bahwa Chalif tidak mulai dengan pembicara tentang peramuka atau jambore di Eropa,atau apa yang di ingin kan nya.Dia membicarakan hal menarik bagi orang lain itu.Ini lah hasil nya.
Yang membuat sayar tercengang,lanjut Chalif,dia tidak saja dengan segera memeberi apa yang saya minta,melain kan jauh dari itu.saya hanya meminta dana untuk seorang seorang anak didik agar di kirim ke Eropa,tetapi dia mengirim lima anak didik beserta saya.dia memberikan saya kartu keredit sebesar lima dolar.
Dari kasus di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa berbicara mengenai minat dan hobi orang lain sangat penting karna dengan kita mendengar dan selalu memahami bagaimana kita bisa untuk selau berusaha berbicara mengenai minat orang lain kita di senangi bahkan di segani oleh orang karna kita bisa membuat orang yang berbicara mengenai minat nya nyambung berbicara dengan kita.






Ø Buat orang lain meras penting, dan lakukan itu dengan tulus
Kalau kita sudah menjadi rendah dengan mementingkan diri sendiri sehingga kita tidak bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan memberikan seddikit penghargaaan jujur.tanpa berusaha mendapat kan sesuatu dari orang lain sebagai balasan nya kalu jiwa-jiwa kita ternyata tidak lebih besar dari apel rusak yang asam,kita akan menemui kegagalan yang sepatut nya kita peroleh. Ada satu hukum penting mengenai tindakan tindakan manusia,kalau kita mematuhi hukum itu.kita hampir tidak pernah mendapat kesulitan yang sebenar nya yang tak terhitung jumlah nya dan kebahaagiaan yang konstan.namun begitu kita melanggar hukum itu,kita akan masuk dalam kesulitan abadi.Hukum itu adalah selalu buat orang lain merasa diri nya penting.
Para filsuf selam ini telah bersepekulasi tentang peraturan hubungan manusia selama ribuan tahun,dan dari semua sepekulasi itu,ada satu ajaran yang penting.ini bukan hubungan manusia selama ribuan tahun,dan dari semua spekulasi itu ada satu ajaran yang penting.
Jika anda ingin memperoleh persetujuan dari mereka yang berhubungan dengan anda buat lah mereka merasa penting dan lakukan lah itu dengaan tulus.
Mari kita lihat kisah Donald M.McMahon,yang merupakan pengawas dari Lewis dan Valentine,pekerja kebun bibit dan arsitek pertamanan di Rye,Now York,Menceritakan insiden ini.Tidak berapa lamaa setelah saya hadir dalam ceramah bagaimana medapat kan kawan dan mempengaruhi oraang lain saya merancang taman di rumah tempat tinggal seorang hakim terkenal,pemilik rumah itu untuk memberi saya beberapa instruksi dimana sehrus nya di tanam serumpun azalea yang berbunga indah.
Saya bilang tuan hakim anda mempunyai hobi yang sungguh menyenang kan,saya mengagumi anjing-anjing  anda yang bagus  yang banyak memenangkan hadiah setiap tahun di Madison Square Garden. Pengaruh dari ekspresi kecil pujian ini sungguh mengagumkan kan,Ya,Jawaab hakim itu,saya melewat kan waktu yang sangat menyenangkan bersama anjing-anjing saya,anda ingin melihat kandang anjing saya?
Anda tahu dia menghabis kan waktu hampir sejam memperlihat kan pada saya anjing-anjing dan piala-piala yang mereka menangkan.dia bahkan menceritakan asal usul anjing itu dan menjelas kan tentang garis keturun yang menjadikan mereka begitu cantik dan cerdik seperti itu.Ahir nya dia memandang saya dan bertanya,anda punya aank kecil?ya saya jawab,saya punya anak laki-laki,dan dia suka anjing,lalu hakim itu memberi kan satu anjing.
Lalu dia mulai menjelas kan pada saya bagaimana cara memberi makan anak anjing,tatapi dia kemudaian berhenti sebentar,anda akaan cepat melupakan nya jika saya hanya sampaikan nya secara lisan,sebaik nya saya menulis nya,makaa hakim itu masuk kedalam rumah,mengetik instruksi asal usul anak anjing itu dan cara memberi makan nya,lalu menyerah kan pada saya sekor anak anjing bernilai beberapa ratus dolar,dan satu jam lima belas menit waktu nya yang berharga,semuai ini adalah sebagian besar karna saya telah mengekspresikan rasa kagum saya dengan jujur pada hobi dan keberhasilan.
Di dalaam bergaul dengan manusia kita harus bisa  mengagumi keberhasilan yang dia dapat,karna pada dasar nya sifat manusai tidak terlepas dari pujian dan sanjungan orang lain,oleh karna itu kita harus berusaah untuk selalu membuat orang lain mersa penting di depan anda mau pun orang lain,lakukan lah itu dengan niat yang tulus.










KESIMPULAN
Kesimpuln nya adalah cara-cara agar manusia menyukai kita dengan salah satu cara menaruh minat kepada orang lain. jangan pernah berpikir anda di segani atau pun di kagumi oleh orang lain sebelum anda kagum dan berusah untuk menyegani orang lain,karna pada dasar nya sifat dasar manusia yang selalu ingin di perhatikan dan di segani dalam kehidupan nya dan berurusan dengan orang banyak.menjadi pendengar kepada orang lain juga membuat kita slali di sambut baik oleh orang lain karna dia berpikir kita selau menjadi pendengar dan sekaligus pemberi solusi kepada nya.selalu tersenyum di mana saja pada saat berintraksi dengan manusia bisa membuat kita dan lawan bicar kita bisa berbuat baik pada diri kita,inti nya adalah mari kita jalani hidup dengan selalu memberikan hal yang positif kebada orang lain baik itu di dalam kehidupan bermasyarakat maupun di dalam dunia krja.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer